INFORMASI TERBARURANGKAIAN KEGIATAN POLRES

FGD (Forum Grup Duskusi) dengan Tema kita sukseskan pilkada gubernur dan wakil gubernur 2018 bersih dari berita Hoax dan Issu Sara di wilayah polres halmahera Tengah.

Polres Halteng

Halmahera Tengah – Polres Halteng
Senin (09/04/2018)
Pada hari ini bertempat di Aula Pesat Gatra polres Halmahera Tengah telah di laksanakan  giat FGD (Forum Grup Duskusi) dengan Tema kita sukseskan pilkada gubernur dan wakil gubernur 2018 bersih dari berita Hoax dan Issu Sara di wilayah polres halmahera Tengah.

Hadir dalam giay tersebut adalah sbb :

1. AKBP Andri  Harianto S.Ik (Kapolres Halmahera tengah)
2. ‎IPTU Abner Aleksander Djanggu (Kasat Intel )
3. IPDA Samsir Usman (KBO Intel)
4. Pers Media 11 Orang
5. Pers intel polres halteng

》Adapun susunan acara adalah sbb:

A. Pembukaan
B. Penyampaiaan oleh Kapolres Halteng
C. Penyampaian oleh ketua komunitas Jurnalis Halteng
D. Dialog bersama
E. Penutup

A. Penyamapaian Kapolres Halteng yang intinya adalah sbb:
~ Dalam proses forum grup  diskusi ini inti penyampaiaan dari Kapolres Haltemg yang intinya . Personil media ini yang berperan dalam menyajikan berita beita yang bermanfaat sesuai dengan kode etik Jurnalis.

~ Media adalah salah satu tiang dalam menepis berita Hoax oleh karena itu media dalam hal ini juga berperan penting untuk berita Hoax ini. Karna

B. Penyampaian Ketua Komunitas Jurnalis yang intinya adalah sbb :

~Dengan di laksanakanya giat Forum diskusi ini untuk mengsukseskan pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur  serta bersih dari berita Hoax dan issu Sara dalam hal ini berita hoax sekarang menjadi permasalahan karna banyak dari kalangan masyarakat telah menggunakaan media sosial itu harus mengunakan dengan bijak dalam memilah berita .

~ Peran media dalam membagikan berita  harus memenuhi standar dengan berpatokan pada kode etik jurnalis sebab dari itu berita hoax ini sering muncul karena ada dari kalangan masyarakat yang tidak pandai pandai memahami berita yang di bagikan.

C. Dialog bersama/sesi diskusi antar personil media dengan Personil Polres Halteng Sbb:

☆ Kapolres Halteng :
~ Membaca laporan polisi tidak sama halnya dengan membaca koran maka dari itu saya ingin melatih personil polres halteng untuk membuat berita karna maka dari itu kita bekerja sama dengan mediah untuk melatih personil kami.

☆ Personil Media:
~ Terkait  dengan diskusi kita tentang mensuskenkan pilkada gubernur serta berita hoax dalam hal ini lebih mendekat kepada media sosial tentang berita  hoax kasus-kasus yang marak terjadi di medsos khususnya di Halteng ini, tentang kampanye hitam tentang kandidat 1 dengan yang 1 karna tingginya

☆ Kapolres Halteng :
~ Untuk sekarang ini hp menjadi alat komunikasi yang terpercaya untuk sekarang karna dengan hp kita dapat mencari berbagai hal hanya dengan hp dalam hal ini kalo mengakater  isu di di media sosial ini susah karna media sosial kadang kadang dalam hal ini kita telah mnyampaikan bahwa berita ini tidak benar pasti sudah ada berita berita berikutnya maka dri itu kita susah dalam mengatasinya selain dari kami pihak keamanan teman teman media juga harus membantu dalam mengatasi hal ini

☆ Personil Media :
~ Dalam hal berita hoax dalam pilkada ini tidak menjadi problem  karna tergantung dalam yang menyikapinya cerdas dalam menyaring berita akan tetapi kalau ada yang membaca hanya dengan judulnya itu tampa memahami dengan baik dan langsung memfiralkan dalam medsos ini yang jadi permasalahan

☆ Kasat Intelkam :
~ Berita itu terbagi menjadi  2 berita ada yang secara tulisan  dan ada yang lisan atau dari mulut ke mulut kalau tertulis dapat di klarifikasi dengan baik  akan tetapi yang berita secara lisan ini atau dari mulut kemulut ini yang menjadi permasalahan dalam menyebar berita hoax dan issu sarah tersebut memgingat pemilu kada sudah dekat kita saling bekerja sama dalam menukar informasi  dalam forum diskusi ini untuk membuka wadah silaturahmi untuk dalam mencegah berita hoax dan serta saling menginformasikan hal hal yang penting dalam menjelang pemilu kada ini.

☆ Personil Media :
~ Sumber dalam berita hoax ini tidak jauh dari persoalan sosial media  berita ini dapat di liahat dalam media cetak maupun media elektronik seperti koran  hp dan lain lain berita hoax ini di bagi menjadi dua tipe masyarakat yaitu  masyarakat mekanis dan masyarakat organis  yang sering terjadi berita hoax ini sering terjadi pada kalangan  masyarakat mekanis karna kurang mengkaji isi dari berita yang di bacanya atau dilihat  sedangkan dari masyarakat  organis itu selalu menyikapi dan menyaring berita itu dengan baik.

☆ Adapaun beberapa saran dari personil Media Sbb :

1. Saran untuk memangkal berita hoax itu dari bagian humas untuk membuat akun media  dalam mengkal berita hoax yang masuk di sosmed khususnya untuk masyarakat halteng ini

2. Dalam hal berita hoax ini  dari semua kalang kalangan masyarakat jangan hanya di fokuskan pada media sosial  akan tetapi melakukan sosialisasi di desa, Dalam hal ini  kita harus cepat memberantas berita hoax itu di mulai dari kalangan media karna ada dari kalangan media yang baru muncul entah dari mana yang memberitakan berita yang tidak memenuhi syarat maka dari itu dari pihak kepolisian harus mencari solusi untuk berita hoax yang di beritakan media baru yang baru muncul tampa ada identitas yang jelas entah media itu mereka sudah terdaftar di pusat ataukah belum karna itu yang nanty  menjadi permasalahan untuk kedepanya.

3. Kami dari pihak wartawan sajikan yang tidak sesuai dengan kode etik  maka kami mintah ke bapak kapolres untuk di proses secra hukum

E. Penutup. Kegiatan forum grup diskusi (FGD) selesai pukul 12.40 wit selama giat  berlangsung bejalan  aman dan terkendali.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close